Harmonisasi Hubungan Legislatif-Eksekutif, DPRD Agam Belajar ke Padang

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Mei 31, 2016 20:03
Kunker DPRD Agam ke DPRD Kota Padang. (baim)

Kunker DPRD Agam ke DPRD Kota Padang. (baim)

PADANG – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam berkunjung ke DPRD Kota Padang, Selasa (31/5). Kunjungan tersebut untuk mencari referensi dalam penerapan harmonisasi hubungan antara DPRD dan pemerintah daerah (legislatif dan eksekutif). DPRD Agam ingin mengulik strategi DPRD Kota Padang dalam membangun hubungan harmonis dengan Pemko.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Agam Syafruddin mengutarakan, kunjungan tersebut sebagai studi banding untuk mempelajari strategi DPRD Kota Padang dalam membangun hubungan yang harmonis dengan Pemko. Diharapkan, hal itu dapat menjadi referensi bagi DPRD Agam dalam membangun hubungan harmonis dengan bupati dan stakeholder pemerintah daerah.

“Kunjungan ini untuk menambah masukan dan referensi bagi DPRD Agam dalam membangun harmonisasi dengan pemerintah daerah, dengan harapan apa yang kami peroleh disini dapat diterapkan nantinya di Kabupaten Agam,” katanya.

Syafruddin melihat, hubungan antara DPRD dengan Pemko Padang cukup harmonis. Di Padang ada evaluasi kinerja eksekutif sekali tiga bulan, kemudian ada sistim e-planning sehingga program kerja tertata dan terlaksana dengan baik.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengungkapkan, harmonisasi hubungan antara lembaga legislatif dan eksekutif sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Antara DPRD dan Walikota bersama jajarannya harus terbangun hubungan yang harmonis sehingga berbagai program pembangunan daerah dapat dikomunikasikan dengan baik.

“Dalam pelaksanaan program kerja, antara Sekretariat DPRD dan Sekretariat Kota melalui bagian Humas dan Protokoler terjalin komunikasi yang baik sehingga setiap kegiatan bisa dikoordinasikan,” ujarnya.

Koordinasi juga terjalin sampai kepada program kerja di daerah pemilihan anggota DPRD. Sehingga Anggota DPRD dapat mengetahui apa yang dikerjakan oleh Pemko di Dapilnya masing-masing. (baim)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Mei 31, 2016 20:03
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*