Hari Ini, Hasil Pilgub Sumbar Diplenokan

Nita Indrawati
By Nita Indrawati December 19, 2015 11:50

Jpeg

PADANG- Setelah melalui proses rekapitulasi berjenjang mulai dari tingkat KPPS, hari ini (Sabtu, 19/12) hasil pemilihan gubernur – wakil gubernur (pilgub) Sumatera Barat tahun 2015 akan ditentukan. Dengan tuntasnya proses rekapitulasi di tingkat provinsi maka, akan dipastikan siapa pemenang pilgub untuk memimpin Sumatera Barat lima tahun ke depan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat Amnasmen membuka rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilgub di Hotel Pangeran, Padang menjelaskan, proses rekapitulasi di tingkat provinsi dilakukan dengan menghimpun hasil rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten/ kota. Rekapitulasi dihadiri oleh saksi dari ke dua pasangan calon gubernur – wakil gubernur nomor urut 1 dan nomor urut 2.

” Secara berjenjang, proses penghitungan dan rekapitulasi suara sudah berlangsung sejak hari H pemungutan suara. Rekapitulasi di tingkat provinsi adalah sekaligus untuk menetapkan hasil penghitungan suara ke dua pasangan calon,” jelasnya.

Seperti diketahui, pilgub Sumatera Barat tahun 2015 diikuti oleh dua pasangan calon yaitu pasangan Muslim Kasim – Fauzi Bahar (MK-FB) dan Irwan Prayitno – Nasrul Abit  (IP-NA). Pasangan MK-FB (nomor urut 1) diusung oleh koalisi empat partai politik  yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hanura dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sedangkan pasangan IP-NA (nomor urut 2) diusung oleh koalisi dua parpol yaitu Partai Gerakan Indonnesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari data sementara yang ditampilkan di situs resmi KPU www.pilkada.kpu.go.id, terlihat pasangan calon nomor urut 2 IP-NA mengungguli pasangan nomor urut 1 MK-FB. IP-NA terlihat berhasil menguasai 58,57 persen dari total suara sah 2.000.527 suara. Sedangkan  pasangan nomor urut 1 hanya berhasil mengumpulkan 41,43 persen suara. Hasil resminya akan ditetapkan oleh KPU Provinsi Sumatera Barat setelah proses rekapitulasi dari seluruh kabupaten/ kota selesai hari ini. (feb)

Loading...
Nita Indrawati
By Nita Indrawati December 19, 2015 11:50
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...