Harga Sembako Stabil Menjelang Lebaran

Melda
By Melda Juni 20, 2017 16:37

Related Articles

Harga sembako di Padang Panjang stabil mejelang Lebaran. (*)

Harga sembako di Padang Panjang stabil mejelang Lebaran. (*)

PADANG PANJANG – Hanya tersisa beberapa hari lagi menjelang berakhirnya Ramadhan ini. Euforia lebaran telah melanda bahkan semenjak beberapa hari lalu. Meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan pokok dan pelengkapnya tidak bisa kita pungkiri. Sudah bukan rahasia bagaimana hampir setiap keluarga mempersiapkan yang terbaik untuk hari kemenangan itu.

Baru, menjadi kata yang melekat di hari Idul Fitri, sebagai filosofi diri yang baru setelah melewati Ramadhan. Walau tak semua orang mendapat kesempatan yang sama, namun budaya ini telah mengakar kuat di kehidupan kita. Dimulai dari memperbaharui sandang, “baju rayo” telah menjadi salah satu ikon yang tak terpisahkan dengan lebaran. Seiring dengan itu, memperindah papan juga seakan menjadi kewajiban.

Juga pangan yang pastinya akan mengalami peningkatan permintaan yang cukup signifikan. Bukan rahasia lagi saat Ramadhan dan lebaran kenaikan harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Namun fenomena ini coba ditanggulangi oleh pemerintah mulai dari pusat hingga daerah. Ketersediaan stok barang hingga harga jual ke konsumen terus diawasi dinas terkait agar konsumen tidak dirugikan.

“Bidang Perdagangan Dinas Perdagkop UKM terus mengawasi ketersediaan barang dan tingat harga jual agar masyarakat tidak dirugikan, terutama oknum yang memanfaatkan paradigma masyarakat kalau lebaran harga mahal” jelas Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM Arpan diwakili oleh Kasi Perlindungan Konsumen Mira Yenita.

Ia menjelaskan menyambut lebaran ini ketersedian stok di Padangpanjang masih cukup stabil. Sedangkan untuk kenaikan harga, tidak ada kenaiakan yang signifikan. Jadi saat ini belum ada tindakan khusus yang dibutuhkan. Namun jika nanti kenaikan harga mencapai lebih dari 30% barulah dari dinas Perdagkop UKM akan melakukan operasi pasar.

Untuk minggu terakhir Ramadhan ini, cabe merah dan rawit mengalami kenaikan harga Rp3.000. Cabe merah mengalami kenaikan menjadi Rp18.000/kg dan cabe rawit menjadi Rp20.000,-/kg. Sedangkan untuk Bawang merah turun menjadi Rp20.000/kg setelah penurunan Rp2.000. Bawang putih menjadi Rp45.000/kg setelah penurunan Rp3.000. (rin)

Melda
By Melda Juni 20, 2017 16:37
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...