Harga Gula Melejit Tinggi, Pedagang Keluhkan Sepi Pembeli

Melda
By Melda Mei 24, 2016 18:14

PADANG –  Dua pekan menjelang bulan Ramadhan, harga gula pasir di Pasar Raya Padang mulai melejit naik. Kenaikan memicu daya beli masyarakat menjadi menurun sehingga berdampak pada sepinya pembeli.

Pedagang Pasar Raya Padang mengeluhkan kondisi tersebut. Salah seorang pedagang, Ami di Pasar Inpres I Blok C mengatakan, kenaikan harga gula pasir berkisar antara 3 ribu hingga 4 ribu rupiah. Awalnya, harga gula putih atau gula pasir paling hanya 11 ribu rupiah per kilogram. Namun, kini harganya melonjak menjadi 15 ribu per kg. Sementara, harga gula merah dari 12 ribu menjadi 16 ribu rupiah per kilogram.

Akibat naiknya harga, pembeli banyak yang mengeluh. Namun, sebagai pedagang ia tidak bisa berbuat apa-apa karena modalnya naik sehingga terpaksa harga jual dinaikkan. Karena mahalnya harga, ia hanya memasok sedikit gula untuk kebutuhan kedainya.

“Untuk harga gula putih per karung mencapai 695 ribu rupiah. Sedangkan harga gula merah per karung mencapai 700 ribu rupiah. Sebagai pedagang saya sekarang hanya memasok beberapa karung gula ke kedai untuk dijual kembali karena harga yang mahal tersebut,” kata Ami.

Secara terpisah, Ida (56) juga mengeluhkan harga gula yang naik Rp3 ribu hingga Rp4 ribu per kilogramnya. Menurutnya, pasokan gula saat ini sudah mulai langka dan sedikit di distributor. (baim)

Melda
By Melda Mei 24, 2016 18:14
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*