Harga BBM Turun, Tarif Angkot Nanti Dulu…

Melda
By Melda March 31, 2016 16:23
Angkot di Kota Padang. (dok.padangmedia.com)

Angkot di Kota Padang. (dok.padangmedia.com)

PADANG – Pengguna kendaraan bisa senang karena harga premium dan solar turun pada angka Rp500 per liter mulai 1 April 2016 pukul 00.00 WIB nanti. Namun, bagi pengguna kendaraan umum di Kota Padang harus gigit jari karena belum ada rencana pihak terkait untuk menurunkan tarif angkutan umum.

Alasannya, penurunan harga BBM, terutama premium, baru terjadi dua kali. Yakni, pada 5 Januari 2015 penurunan sebesar Rp350 dan sekarang pada 1 April 2016 penurunan Rp500. Jika dikalkulasikan, penurunan baru Rp850 saja.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Padang, Rudy Rinaldy, Kamis (31/3). Menurutnya, penurunan belum mempengaruhi tarif angkutan kota di Padang. Pasalnya, penurunan harga BBM tersebut belum mencapai batasan Rp1000 seperti kesepakatan lintas sektor pada Maret 2015 lalu.

Dikatakan Rudy, perubahan tarif angkutan baru dapat dilakukan apabila total kenaikan atau penurunan harga BBM berkisar Rp1.000 atau lebih. Kesepatan tersebut diperoleh saat kenaikan tarif pada 28 Maret 2015 lalu. Kesepakatan dibuat dalam rapat yang dihadiri Dishubkominfo, DPRD Padang, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumbar dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Padang.

“Kecuali kalau ada pertimbangan lain, akan dikaji lagi. Pertimbangan yang dimaksud, penurunan harga spare part dan kebutuhan angkot lain. Itupun belum akan berlaku untuk angkot. Kemungkinan tarif berubah hanya terjadi pada Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP),” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Helmi Moesim saat dihubungi terpisah mengatakan, penurunan tarif angkutan akan merujuk pada perjanjian saat penetapan tarif sebelumnya dan itu adalah kesepakatan bersama. Pihak terkait seperti YLKI, Organda dan Dishub sendiri telah sepakat, peninjauan tarif angkutan dilakukan apabila kenaikan atau penurunan harga bahan bakar di batasan Rp1000, baru dilakukan perubahan tarif pada angkutan kota, ujarnya. (baim)

Loading...
Melda
By Melda March 31, 2016 16:23
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...