Gemulai Tari Restorasi Songket Silungkang Pernah Ditampilkan di TIM

Melda
By Melda Agustus 23, 2015 10:37

Related Articles

festival songket silungkang

SAWAHLUNTO – Tarian kontemporer Restorasi Songket Silungkang asuhan koreografer nasional, Hartati pernah ditampilkan di kegiatan Sawahlunto Kreatif di  Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta tahun 2012 lalu. Bahkan, meski dalam sesi latihan di Jakarta Teater , Taman Ismail Marzuki (TIM), beberapa pengunjung yang sebagian besar para perantau menyempatkan diri melihat persiapan tarian yang akan tampil dalam rangkaian kegiatan Sawahlunto Kreatif itu.

Di antara pengunjung yang datang adalah mantan Ketua Ikatan Keluarga Talawi, Nuzirman Ramawi, tokoh rantau Edi Supardi, Syamsul Bahri serta Irwan Husein.

Diketahui, sebagai koreografer dari Minang, Hartati dikenal memiliki ciri gerakan tradisi Minang seperti pencak silat dan randai yang diasahnya sewaktu bergabung dengan kelompok tari Gumarang Sakti pimpinan almarhum Gusmiati Suid.

Di kelompok inilah, Hartati belajar banyak tentang idiom gerak, dasar koreografi dan keterlibatan tradisi sebagai kekuatan tari kontemporer Indonesia.

Pergulatannya di kelompok ini menumbuhkan misi dan tujuan hidupnya, yaitu sebagai koreografer tari wanita seperti para pendahulunya, Hoeriah Adam, Syofiani dan Gusmiati Suid, nama-nama koreografer wanita
dari Minang yang menjadi pelopor dasar tari kontemporer di Indonesia. (tumpak)

Melda
By Melda Agustus 23, 2015 10:37
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...