Festival Wayang Nusantara Bakal Digelar Keempat Kalinya

Melda
By Melda November 1, 2016 07:35

festival wayang nusantara

SAWAHLUNTO –  Kegiatan Festival Wayang Nusantara kembali digelar di Kota Sawahlunto. Kegiatan yang ke empat kalinya itu akan dihelat di Lapangan Segitiga Ombilin Kota Sawahlunto, Kamis – Sabtu (3-5/11) mendatang.

Festival wayang nusantara kali ini akan menampilkan grup wayang kulit dari beberapa daerah di Sumatera Barat, seperti Paguyuban Kridha Raras dengan lakon “Prabu Sumulih” dari Kabupaten Dharmasraya dan Paguyuban Suko Laras dengan dalang Ki Yanto Carito dari Kabupaten Pasaman Barat. Selain itu, beberapa grup wayang dari Provinsi Riau dan Jambi juga bakal turut meramaikan festival kali ini.

Paguyuban Among Budaya dari Riau akan membawakan lakon “Gondomono Lumeng”. Sementara, dalang asal Jambi, Ki Suyono Gareng akan memainkan lakon “Adon-Adon Rajamala” bersama kelompok Kridha Laras Dharmasraya. Selain grup-grup di atas, juga akan datang perwakilan grup wayang kulit asal pulau Jawa, yakni dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Tegal.

Kepala Seksi Pembinaan Seni Budaya dan Perfilman Disparbud Kota Sawahlunto, Syukri kepada padangmedia.com, Senin (31/10) menyatakan, dari Kota Sawahlunto akan ditampilkan lakon “Mbah Soero” yang dibawakan Ki Dalang sebagai pembuka Festival Wayang Nusantara.

Pada penampilan Ki Dalang Suryanto akan berkolaborasi dengan kelompok seni karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang untuk menampilkan kreasi-kreasi baru musik karawitan dari etnis Jawa, sebutnya. (tumpak)

Melda
By Melda November 1, 2016 07:35
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...