DPRD Yogyakarta Pelajari Persoalan Tanah ke Agam

Melda
By Melda Desember 7, 2016 13:04

Related Articles

AGAM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Yogyakarta melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Agam. Rombongan dari Yogyakarta yang berjumlah 17 orang itu diterima Asisten Administrasi Umum, Mulyadi bersama beberapa kepala SKPD di aula utama Kantor Bupati Agam, Selasa (7/12).

Kunker DPRD Yogyakarta ke Kabupaten Agam bertujuan menggali referensi tentang pengelolaan dan pemanfaatan tanah. Selain itu, DPRD Kota Gudeg itu juga ingin studi komparatif bagaimana Pemkab Agam menyelesaikan persoalan tanah.

Mulyadi menyatakan apresiasi terhadap DPRD Provinsi Yogyakarta yang telah memilih Kabupaten Agam tempat studi komperatif. Ia menyambut baik kedatangan anggota DPRD Yogyakarta karena bisa saling berbagi informasi.

“Terkait persoalan tanah, di Agam dan di Minangkabau umumnya, kepemilikan tanah sebagian besar milik tanah ulayat atau kaum yang dikuasai oleh nagari, penghulu dan mamak kepala waris. Untuk mendapati luasan tanah ulayat milik siapa, cukup panjang proses adat yang dilalui. Jadi, mensertifikatkan tanah bisa dikatakan cukup lama,” papar Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Rombongan DPRD Yogyakarta, Suharwanta mengatakan, tujuan kunjungan kerja ke Agam dalam rangka silaturrahmi dan berbagi pengetahuan terkait mencari referensi tentang pengelolaan tanah dan pemanfaatan tanah kesultanan.

“Kami di Yogyakarta merupakan wilayah kerajaan, maka kami memiliki tanah kesultanan. Tanah tersebut diatur dan dilaksanakan menurut perjanjian atau kontrak politik yang dibuat oleh induk kerajaan. Kami berharap Pemkab Agam untuk mencarikan solusi dan referensi bagaimana kiat-kiat Pemkab bersama DPRD dalam menyelesaikan  masalah tanah di Agam,” jelasnya. (fajar)

Melda
By Melda Desember 7, 2016 13:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...