Dokter Ini Bisa Yakinkan Sikerei Mentawai Bawa Anaknya ke Rumah Sakit

Melda
By Melda June 17, 2017 09:37

Sikerei Mentawai yang mau membawa anaknya dirujuk ke RSUD Mentawai. (ers)

Sikerei Mentawai yang mau membawa anaknya dirujuk ke RSUD Mentawai. (ers)

MENTAWAI – Di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, proses persalinan biasanya dilakukan oleh dukun setempat yang disebut Sikerei. Di pedalaman Mentawai, jarang sekali pengobatan maupun persalinan yang dilakukan tenaga medis di rumah sakit.

Namun, kali ini, Ngamut Kerei asal Desa Matotonan Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai tidak enggan lagi membawa anaknya bernama Loria yang akan melahirkan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSUD Mentawai, Dokter Chandra, anak Sikerei yang dirujuk ke RSUD untuk melakukan persalinan itu mengalami masalah dengan kelahiran sehingga harus dirujuk. Apa yang dilakukan Ngamut Kerei itu, katanya, bisa ditiru oleh Sikerei lainnya ketika ada masalah dalam proses menghadapi pasien hamil.

Loading...

“Tidak mesti memakai pengobatan tradisional lagi,” ucapnya kepada padangmedia.com, Jumat (16/6).

Dikatakan, sebelum dilakukan penaganan kepada anak Sikerei, Dokter Chandra berusaha meyakinkan Sikerei tersebut agar anaknya melakukan persalinan di RSUD Mentawai. Begitu cucunya lahir dengan selamat, Sikerei tersebut sangat senang dan berterima kasih.

“Hal ini bisa sebagai contoh dengan Sikerei lainnya. Diharapkan peran Sikerei dalam penanganan persalinan ibu melahirkan tidak enggan lagi dirujuk ke rumah sakit,” ujar Dokter Chandra.

Ke depan, Dokter Chandra ingin bekerja sama dengan Sikerei Mentawai, terutama meminta Sikerei sebagai motivator, sehingga rujukan bisa cepat dan pasien yang ada masalah bisa ditangani dengan baik. Karena, kalau terlambat tentu berakibat kematian pada pasien dan bayinya.

Selama ini, Sikerei sangat dipercaya oleh masyarakat Mentawai. Apa yang mereka katakan akan dipercaya masyarakat. Karena itu, Sikerei bisa berperan dalam memberikan motivasi pada pasien dan keluarga jika menemukan masalah kesehatan, harus dirujuk sehingga warga pun dapat tertolong.

Dalam gagasan Dokter Chandra yang dimuat di akun Media Sosial Sikerei Emas (Sistem Kesehatan Reproduksi Expanding Maternal and Neonatal survival), ia berharap persalinan dilakukan di fasilitas kesehatan dengan ditolong minimal 4 tenaga kesehatan terlatih. Persalinan dengan risiko tinggi harus dirujuk ke rumah sakit. (ers)

Melda
By Melda June 17, 2017 09:37
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...