Dinkes Mentawai Manfaatkan Baksos HPN untuk Promosi PHBS

Melda
By Melda Februari 9, 2018 07:59

Related Articles

Promosi kesehatan yang dilakukan DInkes Mentawai di arena baksos. (ers)

TUAPEIJAT – Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN), Dinas Kesehatan Mentawai ambil bagian dalam promosi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada kegiatan baksos pengobatan massal di RSUD kepulauan Mentawai, Kamis (8/2/2018).

Momentum tersebut, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mentawai, Lahmuddin Sirear, setiap kegiatan dimanfaatkan untuk mengajak masyarakat yang selama ini kurang sehat diarahkan menjadi lebih sehat. Salah satunya mengajak masyarakat untuk tidak merokok sembarangan tempat.

Beberapa jajaran Forkopimda serta masyarakat mendatangi stand dinas kesehatan. Mereka disuguhkan penandatanganan komitmen tidak merokok. Begitu juga komitmen makan sayur dan buah setiap hari.
Walaupun diakui untuk komitmen makan buah agak susah di Mentawai karena kebutuhan masih didatangkan dari luar.

Pola hidup sehat, menurut Lahmuddin, adalah dengan menjaga keseimbangan antara pengobatan dan pencegahaan. Untuk pengobatan berjalan terus agar tidak sakit. Sedangkan kalau sehat, ditekan untuk tidak sakit melalui penyadaran hidup sehat.

“Semuanya tidak selesai sampai disini, karena melalui pesan-pesan perlu memahami perilaku hidup sehat itu bagaimana, sehingga pelaksanaannya pun tidak ada kendala,” katanya.

Dikatakan, Dinas Kesehatan akan terus memperluas jaringan agar semakin banyak orang sehat dan semakin banyak orang paham tentang kesehatan. “Kita tidak boleh bangga orang banyak berobat, yang perlu kita banggakan itu, ketika tempat berobat tersebut kosong karena banyak orang sehat,” ujarnya.

Terkait pelayanan kesehatan di Mentawai, dikatakan Lahmuddin, menjadi tantangan tersendiri, bukan kendala.
Hal itu karena daerah Mentawai merupakan daerah yang sangat luas, termasuk SDM masyarakat juga masih agak rendah dalam pemahaman tentang kesehatan. Sehinggga, menjadi tugas tersebut dalam mewujudkan kesehatan di Bumi Sikerei, tukasnya. (ers)

Melda
By Melda Februari 9, 2018 07:59
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...