Diduga Tak Berizin, Rumah Penyimpanan Obat Digerebek

Febry Chaniago
By Febry Chaniago April 20, 2017 16:08
Ratusan kardus obat-obatan disita dari sebuah rumah yang diduga tidak mengantongi izin PBF di Kota Padang, Kamis (20/4). (dio)

Ratusan kardus obat-obatan disita dari sebuah rumah yang diduga tidak mengantongi izin PBF di Kota Padang, Kamis (20/4). (dio)

PADANG – Petugas gabungan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang dan petugas Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menggerebek sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan obat di Jalan Kartini, Padang, Kamis (20/4). Petugas menyita ratusan kardus obat-obatan berbagai merek untuk dibawa dan diselidiki lebih lanjut.

Kepala BPOM Padang, Zulkifli menjelaskan, penggerebekan itu dilakukan karena diduga rumah tersebut tidak mengantongi izin sebagai Perusahaan Besar Farmasi (PBF) distributor obat-obatan. Menurutnya, petugas sudah lama melakukan pengintaian terhadap rumah tersebut.

Loading...

“Rumah ini tidak ada izin sebagai PBF dan petugas sudah melakukan pengintaian cukup lama. Saat penggerebekan ditemukan ratusan kardus obat-obatan yang disimpan di dalam dua kamar di rumah itu,” kata Zulkifli.

Saat penggerebekan, tidak satupun pihak pemilik rumah yang muncul. Petugas menemukan obat-obatan berbagai merek produksi perusahaan farmasi ternama yang kemudian disita untuk diamankan guna penyelidikan lebih lanjut.

Zulkifli menerangkan, diketahui pemilik rumah tersebut memiliki apotek di Pasar Raya Padang. Petugas melakukan pengintaian karena banyak sekali order obat yang justru disuplai dari rumah tersebut.

“Seharusnya dia (pemilik) meminta ke BPF namun ternyata disuplai dari rumah yang kami ketahui tidak memiliki izin. Ini akan kami selidiki semuanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kasus tersebut. Mulai dari soal perizinan hingga ke jalur distribusi, termasuk juga golongan dan jenis obat-obatan yang ditemukan. Untuk sanksi, tergantung dari pelanggaran yang ditemukan.

“Ini akan diselidiki semuanya, soal izin, distribusi, juga golongan dan jenis obat-obatan akan diteliti semuanya,”tutupnya. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago April 20, 2017 16:08
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...