Detik-detik Peringatan HUT RI Berjalan Khidmat

Melda
By Melda August 23, 2016 20:00

Agam

Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI di Kab.Agam. (fajar)

Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI di Kab.Agam. (fajar)

AGAM – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 di Kabupaten Agam berjalan khidmat di halaman kantor bupati setempat, Senin (17/8). Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2016 pada pukul 10.00 WIB yang didahului dengan sirine tersebut diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Agam, PNS, TNI, Polri dan siswa SLTA dan SLTP se-Lubuk Basung.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri bertindak selaku inspektur upacara dan Ketua DPRD Kabupaten Agam Marga Indra Putra sebagai pembaca naskah proklamasi. Sebagai puncak acara dilakukan pengibaran bendera pusaka oleh Paskibra Agam dari siswa terbaik SLTA se-Kabupaten Agam. Adapun peserta pengibaran bendera merah putih, yaitu Aulia Rahmi dari SMAN I Kamang Magek. Kemudian untuk penggerek bendera yakni, Hario Andaresta Defiska dari SMAN I Lubuk Basung, Juli Warman dari SMAN 1 Lubuk Basung  dan Ahmad Mukhlis dari SMAN Agam Cendikia.

Bupati Agam menyematkan pin Satyalancana Karya Satya bagi 413 ASN setempat. (ist)

Bupati Agam menyematkan pin Satyalancana Karya Satya bagi 413 ASN setempat. (ist)

Setelah upacara, Bupati Indra Catri bersama Wakil Bupati Trinda Farhan Satria dan unsur Forkopimda menyerahkan Satyalancana Karya Satya kepada 413 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Agam. Penyerahan Satyalancana tersebut juga dilakukan oleh Wakil Bupati Trinda Farhan Satria dan unsur Muspida Plus. ASN penerima Satyalancana Karya Satya tersebut terdiri dari ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun. Adapun rinciannya yakni, Satyalancana Karya Satya 30 tahun sebanyak 136 orang, Satyalancana Karya Satya 20 tahun sebanyak 205 orang dan Satyalancana Karya Satya 10 tahun sebanyak 72 orang. Untuk yang mengabdi selama 30 tahun mendapat emas, mengabdi 20 tahun menerima perak dan mengabdi 10 tahun mendapat perunggu. Bupati berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi agar dapat meningkatkan kinerja dan prestasinya.

”Dengan adanya penghargaan ini, hendaknya dapat lebih mendorong serta meningkatkan prestasi, kerja, disiplin, dedikasi serta loyalitas dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan sehari-hari,” ujarnya.

Menanggapi tema HUT RI 71 ‘Kerja Nyata’, ia mengajak kepada ASN untuk meningkatkan disiplin.  Saatnya bekerja nyata, mandiri dan tinggalkan kebiasaan lama yang hanya rutinitas tanpa inovasi dan kreativitas.

Sementara, saat upacara penurunan bendera, Rabu (17/8) sore di halaman kantor bupati Agam, Bupati Agam Indra Catri kembali memimpin upacara. Hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, anggota DPRD dan Forkopimda, Plt. Sekda Kabupaten Agam, Ketua TP PKK Agam, pejabat eselon di lingkungan Pemkab Agam, anggota TNI, Polri, PNS serta siswa-siswi Lubuk Basung.

Peringatan HUT RI di Kab.Agam. (ist)

Peringatan HUT RI di Kab.Agam. (ist)

Bupati bersyukur seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT RI mulai dari penaikan bendera sampai penurunan, semua berjalan dengan baik, tertib dan tanpa kendala. Semua berkat kerja sama semua panitia dan petugas upacara yang telah menjalankan tugas dengan baik.

“Terimakasih untuk semangatnya. Semoga jiwa-jiwa patriotisme dan nasionalisme pada generasi muda tetap terjaga,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa hal ini merupakan suatu tanda bahwa Kabupaten Agam ke depan akan mampu menjadi lebih baik. Sebelum penurunan bendera dilakukan, bupati bersama wakil dan unsur Forkopimda menyerahkan puluhan hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba tingkat nasional dan provinsi selama tahun 2016. (fajar)

Melda
By Melda August 23, 2016 20:00
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*