Danai “Baralek Gadang”, PKDP “Basidoncek”

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Desember 12, 2016 12:15

PADANG – Mempersiapkan pelaksanaan gelar “Baralek Gadang” (Helat Besar) pengukuhan pengurus DPW Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Sumatera Barat, warga asal Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman di perantauan “Basidoncek”. Basidoncek adalah melakukan penggalangan dana secara spontan untuk membiayai suatu kegiatan sosial kemasyarakatan. Hingga hari ini, sudah terkumpul dana Rp35 juta.

Ketua Panitia Pengukuhan pengurus DPW PKDP Sumatera Barat Yohanes Wempi menyebutkan, antusias warga perantau Piaman dalam basidoncek cukup tinggi. Sumbangan tidak saja berasal dari perantau Piaman di dalam wilayah Sumatera Barat tetapi juga dari luar daerah.

“Antusias perantau untuk basidoncek cukup tinggi. Sumbangan tidak saja datang dari dalam Sumbar tetapi juga dari perantau di luar Sumbar. Sampai saat ini sudah terkumpul Rp35 juta,” sebutnya, Senin (12/12) didampingi Sekretaris Pelaksana Harry Effendi dan Humas Panpel Adrian.

Prosesi pengukuhan yang dikemas dalam Baralek Gadang tersebut, katanya, akan digelar di Gedung Rohana Kudus GO Agus Salim, Padang pada 17 Desember mendatang. Sejauh ini, persiapan menyambut gelaran pengukuhan kepengurusan tersebut sudah matang.

“Sudah dipersiapkan dengan baik dan kami berharap pelaksanaan dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua terpilih DPW PKDP Sumatera Barat Ramal Saleh mengungkapkan optimismenya terhadap pelaksanaan “Baralek Gadang” tersebut. Dia melihat, prosesi itu akan membawa semangat baru bagi kebersamaan perantau Piaman.

Menurutnya, potensi masyarakat Piaman di perantauan terutama di Sumatera Barat sangat bagus. Para perantau banyak berkiprah di birokrasi, praktisi, politisi, akademisi maupun di sektor-sektor ekonomi dan wiraswasta lainnya. Melalui wadah PKDP, diharapkan dapat menggerakkan kampung halaman menuju arah kemajuan.

“Bersatunya para perantau dalam satu wadah sekaligus juga bisa dijadikan sebagai ajang penguatan ekonomi sesama perantau,” ungkapnya.

Rencananya, pengukuhan pengurus DPW PKDP Sumatera Barat ini akan dihadiri oleh dua orang tokoh masyarakat asal Piaman yang saat ini duduk di jajaran Kabinet Kerja yaitu Menpan RB Asman Abnur dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Selain itu, ada anggota DPR RI asal Piaman juga akan hadir dianaranya Refrizal dan Jhon Kenedi Aziz. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Desember 12, 2016 12:15
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*