Bulog Sumbar Optimis Harga Cabai Merah Stabil Selama Puasa

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Mei 17, 2017 15:54

Related Articles

Gerakan Stabilitas Pangan Bulog Sumbar di Pasar Raya Padang, Rabu (17/5). (pp)

Gerakan Stabilitas Pangan Bulog Sumbar di Pasar Raya Padang, Rabu (17/5). (pp)

PADANG – Badan Urusan Logistik (Bulog) divisi regional Sumatera Barat optimis harga cabai merah selama bulan pusa Ramadan 1438 H berada pada kondisi stabil. Persediaan dan pasokan cabai merah dipastikan aman, sementara Bulog sendiri sudah memiliki stok 30 ton.

“Cabai merah untuk kebutuhan bulan puasa kami yakin aman dengan harga yang stabil karena pasokan mencukupi. Bulog Sumbar sendiri saat ini sudah memiliki stok 30 ton,” kata Kepala Bulog Divre Sumatera Barat Benhur Ngkaimi usai Gerakan Stabilitas Pangan di Pasar Raya Padang, Rabu (17/5).

Stok cabai merah Bulog tersebut disimpan dalam ruang pendingin di Pasar Raya Padang, untuk antisipasi kelangkaan komoditi tersebut sehingga memberikan jaminan pasokan selalu tersedia untuk masyarakat konsumen. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, selalu terjadi lonjkan harga cabai merah karena ketersediaan dan indikasi permainan spekulan.

Benhur menyebut, harga cabai merah akan stabil pada kisaran Rp26 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Cabai merah stok Bulog disimpan dalam ruang pendingin milik Pemko Padang berkapasitas masing-masing ruang pendingin sekitar 10 ton.

“Cabai yang disimpan sebagai persediaan ini berasal dari hasil panen petani lokal yang dibeli oleh Bulog. Batas waktu penyimpanan di ruang pendingin maksimal satu bulan,” ujarnya.

Gerakan Stabilitas Pangan digelar Bulog pada 190 titik lokasi di Kota Padang. Gerakan ini semacam operasi pasar yang akan digelar hingga lebaran mendatang. Komoditi yang disediakan dijual dibawah harga pasar.

Diantara kebutuhan pokok yang dijual adalah cabai merah Rp26 ribu per kilogram, beras premium seharga Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500 per kilogram. Ada juga bawang merah yang dijual Rp15 ribu per kilogram dan minyak goreng kemasan 2 kg seharga Rp23.500.

“Bulog telah menyediakan 20 ribu ton beras dan 300 ton gula pasir. Khusus gula pasir, kalau nanti kebutuhan melebihi persediaan, Bulog siap menambah sesuai permintaan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Heryanto Rustam mengungkapkan, cabai merah dan bawang merah merupakan kebutuhan pokok yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Dia menyambut baik Gerakan Stabilitas Pangan yang digelar oleh Bulog dalam rangka menjamin ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan tersebut sehingga tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga hingga lebaran. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Mei 17, 2017 15:54
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...