Banjir Bandang di Magelang Tewaskan Lima Orang

Febry Chaniago
By Febry Chaniago April 29, 2017 22:11

MAGELANG – Sebanyak lima orang dikabarkan tewas akibat banjir bandang di Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah Sabtu (29/4) sore. Selain itu, lima orang dilaporkan masih hilang dan tiga orang luka-luka berat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, bencana banjir bandang tersebut terjadi di Dusun Nipis Desa Sembungrejo Kecamatan Grabag sekitar pukul 14.30 Wib.

Banjir bandang terjadi akibat curah hujan yang melanda kawasan Gunung Merbabu sejak siang hari. Banjir membawa air disertai lumpur, batu dan pohon tumbang menerjang permukiman warga. Saat ini tim SAR gabungan masih terus melakukan penanganan darurat.

“Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Magelang hingga Sabtu malam pukul 20.00 Wib, banjir bandang menyebabkan 5 orang meninggal dunia, 5 orang hilang, dan 3 luka luka berat,” kata Sutopo.

Lima korban meninggal adalah Sutar (50), Sumisah (60), Mirah (30), Slamet (60), dan seorang anak usia dibawah lima tahun (balita) anak dari Aryanti. Aryanti merupakan bidan desa yang berhasil dievakuasi dari reruntuhan rumah dinas bidan setempat.

Lima orang hilang dan masih dalam pencarian adalah Deni (suami Aryanti), Fazia (anak sulung Aryanti), Mardiyah, anak dari Ibu Mardiyah, dan Bu Par (pembantu Aryanti). Sedangkan tiga orang luka berat adalah Nanda (13), Malan (30), dan Aryanti.

BPBD Kabupaten Magelang bersama BNP

B, TNI, Polri, Basarnas, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Damkar, PMI, komunitas relawan dan lainnya bersama masyarakat melakukan penanganan darurat. Posko Aju didirikan di Majelis Tafsir Al Qur’an Dusun Temon Desa Tlogorejo Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

Truk dapur umum BPBD Magelang juga telah ke posko untuk mendirikan dapur umum sementara tim dari Dinas Kesehatan bersiap untuk memberikan pelayanan kesehatan.

BPBD Provinsi Jawa Tengah, BPBD Boyolali, BPBD Temanggung, BPBD Klaten dan BPBD Wonosobo mengirimkan bantuan personil dan logistik untuk membantu penanganan darurat. (feb/*)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago April 29, 2017 22:11
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...