Bamus DPRD Agam Agendakan Pembahasan Awal RPJMD 2016-2021

Febry Chaniago
By Febry Chaniago March 31, 2016 07:36
Rapat antara DPRD Kab.Agam dengan pihak eksekutif di aula gedung DPRD Agam baru-baru ini. (fajar)

Rapat antara DPRD Kab.Agam dengan pihak eksekutif di aula gedung DPRD Agam baru-baru ini. (fajar)

AGAM – Kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam pada bulan April 2016 ini boleh dibilang cukup padat dengan agenda pembahasan yang sangat penting. Badan Musyawarah (Bamus) telah menjadwalkan beberapa kegiatan, baik agenda yang dilakukan bersama pemerintah daerah maupun agenda rapat-rapat internal yang semuanya dipandang perlu untuk diprioritaskan.

Di antara agenda penting yang dijadwalkan dalam rapat Bamus DPRD Kabupaten Agam adalah akan dimulainya pembahasan awal Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Agam 2016-2021. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Marga Indra Putra, S.Pd didampingi Wakil Ketua Taslim, S.Ag, Anggota Bamus, pendamping Bamus, Jonaidi dan Hafizudin, Sekretaris DPRD Kabupaten Agam Aswirman, SE.MM, Kabag Humas, Nasrial, Kabag Keuangan, Prisma Yenny dan Kabag PAK, Kardinur.

Pembicaraan awal RPJMD ini dilakukan karena Kabupaten Agam baru saja melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pasangan Indra Catri – Trinda Farhan Satria sebagai bupati – wakil bupati terpilih hasil pemilihan tersebut baru saja dilantik pada Pebruari lalu. RPJMD merupakan aplikasi dari visi dan misi bupati – wakil bupati yang akan dijadikan sebagai acuan pembangunan daerah lima tahun ke depan. Dalam penyusunannya nanti, harus mengacu kepada RPJMD Provinsi dan RPJM Nasional.

Selain pembahasan awal RPJMD, agenda krusial lainnya yang berkaitan adalah Pengajuan Kebijakan Umum dan Program Pembangunan Jangka Menengah dan Indikasi Program Prioritas disertai kebutuhan pendanaan pada SKPD. Ini juga masuk dalam agenda DPRD Agam pada April 2016 ini.

Selanjutnya, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan Perda nomor 1 tahun 212 tentang Retribusi Jasa Umum sudah memasuki tahapan penyampaian Nota Jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi. Penyampaian ini juga diagendakan pada April 2016.

Kemudian, agenda lanjutan dari bulan Maret yaitu pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Agam tahun 2015 juga membutuhkan perhatian serius. Selanjutnya tahapan pembahasan Ranperda tentang Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Walinagari dan Ranperda tentang Penanggulangan Bencana juga dilaksanakan bulan April 2016.

Ketua DPRD Kabupaten Agam Marga Indra Putra mengatakan, untuk bulan April 2016, kegiatan DPRD cukup padat dengan agenda pembahasan yang sangat penting bagi pembangunan daerah lima tahun ke depan. Disamping jadwal yang dilaksanakan bersama pemerintah daerah, di internal DPRD sendiri juga dipadatkan dengan beberapa agenda seperti rapat internal pimpinan, internal Komisi dan non Komisi.

“DPRD akan berupaya semaksimal mungkin menuntaskan agenda-agenda yang telah dijadwalkan dalam rapat Bamus karena seluruh kegiatan yang telah dijadwalkan tersebut sangat penting demi kepentingan rakyat dan pembangunan daerah,” tegasnya. (adv)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago March 31, 2016 07:36
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...