Balap Motor Trabas Jablay Diharapkan Dongkrak Pariwisata

Febry Chaniago
By Febry Chaniago March 19, 2017 14:44
Anggota Komisi V DPRD Sumbar melepas peserta balap motor trabas di Bayang Minggu 19 Maret 2017. (febry)

Anggota Komisi V DPRD Sumbar melepas peserta balap motor trabas di Bayang Minggu 19 Maret 2017. (febry)

PAINAN – Ajang balap motor trabas Jelajah Alam Bayang (Jablay) diharapkan mampu menjadi salah satu magnet untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pesisir Selatan. Event ini diharapkan menjadi agenda tahunan dengan penyelenggaraan yang lebih profesional dan dalam skala lebih besar lagi.

Hal itu disampaikan anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Saidal Masfiuddin mewakili Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, usai melepas peserta balap motor trabas Jablay #1 di Nagari Sawah Laweh Pasar Baru Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan, Minggu (19/3).

“Kami berharap, dengan event Jablay #1 ini mampu menjadi dorongan bagi peningkatan kunjungan wisata ke Pesisir Selatan. Selain itu, kami harapkan juga event ini menjadi agenda tahunan dengan pengelolaan lebih profesional sehingga semakin menjadi daya tarik tersendiri,” kata Saidal.

Loading...

Dia optimis, melalui event-event menarik yang digelar secara baik akan mampu menyedot perhatian sehingga meningkatkan minat orang untuk berkunjung ke Pesisir Selatan. Dia juga berharap, event-event seperti ini juga diikuti oleh daerah lain di Sumatera Barat sehingga keindahan alam Sumatera Barat akan semakin diketahui oleh masyarakat luar.

“DPRD akan berupaya mendorong setiap kegiatan atau event yang sangat relevan dengan tujuan mendorong kemajuan pariwisata sehingga Sumatera Barat akan semakin dilirik dan tingkat kunjungan akan terus bertambah,” ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Jablay #1, Risnaldi mengungkapkan, balap motor trabas tersebut diikuti oleh lebih dari 150 orang peserta, berasal dari dalam dan luar daerah Sumatera Barat. Menurutnya, event ini merupakan yang pertama kali diadakan di Pesisir Selatan.

“Rute yang akan ditempuh adalah dari titik start di depan kantor walinagari menuju Bukit Garapai lanjut ke Bukit Lansiang hingga ke Puncak Bendera atau diistilahkan Puncak Bugar Bulan Puber, diikuti oleh lebih dari 150 peserta,” terang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Nasdem ini.

Dia mengungkapkan keinginan untuk menjadikan event balap motor trabas Jablay menjadi agenda tahunan. Untuk pelaksanaan pertama ini diakui masih ada beberapa kelemahan, namun ke depan, apabila dijadikan agenda tahunan akan digarap lebih profesional lagi.

Sementara itu, Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman juga berminat untuk agenda serupa. Camat Bonjol Delsi Syafe’i yang ikut hadir dan menurunkan beberapa orang pebalap dalam Jablay #1 menuturkan, event motor trabas tersebut akan digelar di Bonjol awal April mendatang.

“Keikutsertaan dalam event Jablay #1 sekaligus sebagai penjajakan sebelum menggelar balap motor trabas yang rencananya akan digelar pada awal April mendatang,” ungkapnya.

Dia melihat, secara teknis pelaksanaan balap Jablay #1 sudah cukup baik. Untuk itu, dia menyatakan akan menjadikan event Jablay #1 ini sebagai referensi dalam pelaksanaan balap motor di Bonjol mendatang. (feb/rel)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago March 19, 2017 14:44
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...