‘Agam Menyemai’ Harusnya Bikin Warga Tak Pusing dengan Harga Cabai

Melda
By Melda November 17, 2016 13:04

agam menyemai

AGAM – Bupati Agam Indra Catri menganjurkan setiap warganya memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam kebutuhan dapur, termasuk cabai. Anjuran itu bukan baru, tetapi sudah sejak lima tahun lalu sejalan dengan program Agam Menyemai.

“Bila warga Agam menuruti ajakan, seperti yang disampaikan Program Agam menyemai, maka sejatinya Orang Agam tidak resah dengan melangitnya harga cabai di pasaran saat ini. Kalau masih ada warga Agam resah, itu bukti kalau mereka mengabaikan anjuran Program Agam menyemai,” kata Bupati Agam Indra Catri kepada padangmedia.com, Kamis (17/11).

Menurutnya, Agam Menyemai menganjurkan agar segenap warga menanami lahan pekarangan dengan tanaman yang dibutuhkan keluarga. Tanaman pekarangan untuk konsumsi keluarga, sedangkan tanaman di kebun dan sawah untuk dijual ke pasar.

“Itu sudah menjadi perhatian sesepuh Minangkabau sejak lama, sehingga diakui sebagai kearifan lokal yang sangat berguna bagi Anak Minang dalam hidup dan kehidupan mereka,” katanya.

Indra Catri berkeyakinan kalau mayoritas keluarga di Agam memiliki lahan pekarangan yang memadai. Mereka yang memiliki lahan pekarangan yang agak luas bisa menanam aneka sayuran dan bumbu dapur, serta tanaman buah-buahan. Bagi yang memiliki sumber air, bisa membangun kolam ikan.

“Bila lahan pekarangan dimanfaatkan secara optimal, kami yakin pengadaan bumbu dapur dan sayuran tidak akan mengurangi uang belanja keluarga. Bahkan, dengan terpenuhinya kebutuhan cabai keluarga dan inflasi di Agam bisa ditekan,” ungkapnya.

Program Agam Menyemai bertujuan untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat Agam. Namun, amat disayangkan, masih ada warga yang memandang sebelah mata terhadap program tersebut. Walau demikian, ia berharap agar segenap pegawai Pemkab Agam mau dan mampu menjadi motivator handal bagi warga yang belum menyadari arti penting Program Agam Menyemai.

“Agam Menyemai itu bukan sekedar program pemanis kata, tetapi benar-benar bertujuan untuk menyejahterakan warga Agam, melalui berbagai kegiatan yang bisa dan mampu dilakukan segenap lapisan masyarakat,” pungkasnya. (fajar)

Loading...
Melda
By Melda November 17, 2016 13:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...