65 Ribu Siswa SD dan SMP di Kota Padang Bakal Ikuti Pesantren Ramadhan

Melda
By Melda May 18, 2017 16:23

PADANG – Kegiatan pesantren ramadhan 1438 Hijriyah/2017 M di Kota Padang sedikitnya akan diikuti 65.000 siswa SD/MI dan SMP/MTs. Kegiatan akan diadakan pada 5 sampai 18 Juni 2017 mendatang di 1.458 masjid dan mushalla yang ada di Kota Padang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Padang, Jamilus menyebutkan, sebanyak 65 ribu siswa tersebut merupakan seluruh pelajar SD mulai dari kelas 4 sampai 6. Untuk SMP/MTs akan diikuti pelajar kelas 1 hingga 3. Sedangkan untuk tingkatan SLTA tidak lagi di bawah kewenangan Pemko Padang karena mulai tahun ini diambil alih provinsi.

Kegiatan akan diikuti di 104 kelurahan pada 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Pesantren ramadhan akan berakhir dengan pelaksanaan ujian tulis nantinya.

Untuk anggaran pelaksanaan pesantren ramadhan dari Pemko Padang tahun 2017 ini adalah senilai Rp2,4 miliar. Dana itu akan disebar ke seluruh masjid/mushalla penyelenggara sesuai dengan jumlah peserta. Materi-materi yang akan disampaikan di antaranya tentang ilmu agama dan ditambah pengetahuan tentang bahaya narkoba dari pihak yang berwajib.

“Para instruktur dan pemateri pesantren ramadhan kita serahkan kepada pengurus masjid/mushalla. Begitu juga dengan honor pemateri dan besaran biaya pendaftaran para peserta yang ikut dalam kegiatan yang sudah diadakan setiap tahun ini,” sebut Jamilus, Kamis (18/5) di Padang.

Dikatakan, jika ada sumbangan dan anggaran yang dipungut oleh masing-masing pengurus dan panitia Masjid/Mushalla, itu sah-sah saja dan tidak melanggar aturan asalkan dimusyawarahkan dan didudukkan secara bersama dengan masyarakat, orang tua dan lain-lain. Hal itu dikarenakan anggaran dari Pemko tidak mencukupi kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan nantinya seperti biaya pemateri, foto kopi proposal, absensi peserta,, guru dan lain sebagainya.

Pada akhir kegiatan nanti, peserta akan memperoleh sertifikat pesantren. Karena diwajibkan, maka akan menentukan sistem nilai di sekolah bahkan masuk ke sekolah lanjutan. Ia berharap semua pelajar untuk mengikuti pesantren ramadhan dari awal hingga akhir agar memperoleh nilai yang baik. (baim)

Melda
By Melda May 18, 2017 16:23
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*