20 Sekdes di Mentawai Ikuti Pelatihan Pengelolaan Arsip

Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 30, 2016 19:19

Diklat teknik pengelolaan arsip bagi skretaris desa,  terlihat Kepala Arsip nasional RI, Wakil ketua DPRD Mentawai, Bupati  kepulauan mentawai .
MENTAWAI – 20 Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti pelatihan pengelolaan arsip. Pelatihan tersebut untuk meningkatkan pemahaman Sekdes terkait pengelolaan arsip untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelatihan yang dibuka oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sibaggalet itu dihadiri oleh Kepala Arsip Nasional Mustari Irawan dan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Barat.

“Pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman sekdes dalam pengelolaan arsip. Arsip sangat penting sebab perkembangan sejarah tidak bisa diikuti tanpa data tersimpan,” kata Yudas, Senin (30/5).

Sekdes diharapkan dapat mengikuti pelatihan dengan baik sebagai pembekalan untuk meningkatkan profesionalitas kerja.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Dr. Mustari Irawan mengatakan, Diklat teknis pengelolaan arsip tersebut diperuntukkan bagi sekretaris desa dan kelurahan untuk kawasan terdepan NKRI. Menurutnya, tenaga pengarsipan saat ini sangat langka.

“Hal ini disebabkan pembekalan teknis terhadap tenaga arsip tidak dilakukan dari awal, sehingga pemanfaatan ilmu kearsipan di kabupaten/ kota belum maksimal,” ujarnya. (ers/F)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 30, 2016 19:19
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...