20 Guru di Mentawai Ikut Kursus Mahir Dasar Pramuka

Melda
By Melda October 13, 2017 14:35

MENTAWAI – Dalam rangka meningkatkan pemahaman pengetahuan di bidang kepramukaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi 20 pembina pramuka. Mereka terdiri dari tenaga pengajar yang berada di 10 kecamatan di Mentawai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 6 hari dari 8 hingga 13 Oktober 2017. Hari ini merupakan hari terakhir sekaligus penutupan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Mentawai, Ikrar Jamal menyebutkan, sekarang kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah wajib untuk melaksanakan kegiatan pramuka. Karena itu dilakukan pembinaan melalui kursus mahir dasar.

“Kegiatan Kursus Mahir Dasar Pramuka ini pada prinsipnya diperuntukan bagi guru-guru yang ada di sekolah. Nantinya ilmu yang didapat tersebut sampai kepada anak-anak didik di sekolah,” ujarnya kepada padangmedia.com, Jumat (13/10).

Adapun materi yang disampaikan itu adalah tentang kepramukaan, di antaranya tentang Undang-undang Kepramukaan, teknik mengajar, tali temali dan outbond. Kursus tersebut dilaksanakan selama 6 hari penuh. Bagi peserta kursus nantinya akan mendapatkan sertifikat tanda kemahiran tingkat dasar dan sertifikat itu dapat digunakan sebagai syarat menjadi Pembina Pramuka tingkat dasar.

Dengan adanya KMD itu, kata Ikrar, diharapkan akan semakin bertambah jumlah para pembina pramuka, sehingga nantinya sekolah akan terbantu dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler khususnya di bidang kepramukaan. Kegiatan KMD juga akan berdampak kepada sekolah, karena sekolah dapat terbantu dalam hal kegiatan ekstrakuriler anak didik di sekolah. “Ini tentu tidak terlepas dari peran Dinas Pendidikan,” terangnya.

Irwan (26),  salah seorang peserta KMD yang juga seorang penggiat kepramukaan mengatakan, minat peserta didik  untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di Kepulauan Mentawai, khususnya di Tuapejat cukup tinggi. Namun, hal itu belum diimbangi dengan jumlah pembina pramuka yang sudah memiliki sertifikat sebagai pembina pramuka.

Irwan merasa bersyukur dengan diadakannya KMD itu, sehingga para guru ataupun para Pembina pramuka semakin bertambah pengetahuannya di bidang kepramukaan. (ers)

Melda
By Melda October 13, 2017 14:35
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*