Ranperda Pengelolaan Arsip, Seluruh Fraksi Setuju

padangmedia.com , Sabtu, 22 Desember 2012 01:41 wib

PADANG- Berbeda dengan Ranperda tentang Lembaga Penjamin Kredit Daerah (LPKD) yang pengesahannya terpaksa dilakukan melalui voting, Ranperda pengelolaan kearsipan berjalan mulus. Seluruh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat sepakat pengelolaan arsip sangat penting.

Sidang paripurna DPRD Sumbar malam ini (Jumat, 21/12) berlangsung untuk dua agenda. Agenda pertama adalah pengesahan Ranperda LPKD dan pengelolaan arsip, sementara agenda kedua adalah pengesahan APBD Sumbar tahun 2013. Hingga berita ini dikirim penyampaian pendapat akhir fraksi DPRD terhadap Ranperda APBD 2013 masih berjalan.

Delapan Fraksi DPRD sepakat memandang pengelolaan kearsipan memiliki arti penting. Arsip perlu ditata secara sistemik dan pengelolaan yang baik. Pemerintah daerah diharapkan juga segera mempersiapkan infrastruktur pendukung hingga personil yang akan ditugasi.

Fraksi PPP melalui juru bicara fraksi Sukriadi Syukur menyampaikan pengelolaan arsip secara sistemik mendukung pengelolaan dokumen daerah.

" Ini sangat bagus dan diharapkan seluruh institusi pemerintah daerah mendukung dan membantu pengelolaan arsip," kata Sukriadi.

Sukriadi malah menyarankan pemerintah daerah memberikan tunjangan tambahan bagi aparatur pemerintah yang ditugasi sebagai pengelola arsip daerah.

Fraksi Demokrat melalui penyampaian akhir fraksinya oleh Novrizon sebagai juru bicara juga sependapat. Novrizon menyarankan untuk segera disiapkan peraturan Gubernur sebagai impelementasi Perda tersebut sehingga Perda yang dilahirkan menjadi aplikatif.

Pendapat senada juga disampaikan oleh fraksi-fraksi lainnya seperti Muzli M Nur sebagai juru bicara Fraksi PAN, Syahrial dari Fraksi Perjuangan Reformasi, M. Tauhid dari Fraksi Hanura, Dodi Delvi dari Gerindra dan fraksi lainnya. (feb)

Berita Terkait