Terbetik

Siswa SLTA se Kota Sawahlunto Ikuti Seleksi Calon Paskibra

Oleh : tumpak , Rabu, 08 Mei 2013 20:47 wib

SAWAHLUNTO - Siswa SLTA se Kota Sawahlunto mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada 17 Agustus 2013.

Seleksi sengaja dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto dengan membentuk dua tim guna merekrut dan menseleksi pelajar calon paskibra.

Tim terdiri dari unsur TNI, Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan Dinas Pendidikan. Dari hasil seleksi nanti, akan direkrut 67 orang Paskibra.

Menurut Kasi Pemuda Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rafdinal didampingi Ketua Purna Paskibraka Indonesia Sawahlunto, Gusnaldi kepada padangmedia.com, Rabu (8/5), satu tim akan merekrut ke SMUN 2, SMKN 1, SMKN 2 dan MAN, dan satu tim lagi merekrut ke SMUN 1, SMU PGRI, SMK Muhammadiyah, MAS Lunto dan SMU SDI Silungkang.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sawahlunto, Gusnaldi menambahkan, pelatih yang akan diterjunkan nantinya adalah gabungan dari TNI, Polri, Dinas Pendidikan dan PPI.

"Karena waktu persiapan dan pengibaran bendera bertepatan dengan bulan puasa, maka jauh hari kita persiapkan pasukan ini," ungkapnya.

Sebelum menunaikan tugas pelaksanaan pengibaran, anggota Paskibra nantinya akan dilatih dan dibina dalam desa binaan. Pembinaan mencakup peningkatan wawasan bela negara, kebangsaan dan latihan berbaris serta pengibaran.

Sehari sebelum pengibaran, akan dilakukan malam pengukuhan Paskibra di hadapan orang tuanya, kepala sekolah dan para PPI. Ia berharap pelajar yang terpilih dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan sukses seperti tahun lalu. (tumpak)

 

Berita Terkait