Terbetik

TdS 2013, Agam Dilalui Tiga Etape

padangmedia.com , Jumat, 03 Mei 2013 15:46 wib

Tour de Singkarak tahun 2012 lalu. (dok.padangmedia.com)

AGAM-Perhelatan Tour de Singkarak 2013 sudah semakin dekat. Kabupaten Agam merupakan jalur yang akan dilalui para pebalap yang berasal dari 25 negara yang sudah menyatakan keikutsertaannya.

"Kabupaten Agam akan dilalui 3 etape yang sudah dinyatakan panitia pusat. Yakni, etape I, etape II dan III," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Junaidi kepada padangmedia.com, Jum'at (4/5).

Pada stage I, para pebalap akan start dari Bukittinggi dan melewati Kabupaten Agam, yakni Kecamatan Tilatang Kamang dan Kecamatan Palupuh. Peserta TdS selanjutnya terus ke Lubuk Sikaping dan finish di Bonjol dengan jarak tempuh 122 km.

Stage II dilaksanakan tanggal 3 Juni 2013 dengan jarak tempuh 215 km. Start di Padangpanjang dengan melewati Padang Pariaman, Kabupaten Agam, yakni Kecamatan Tanjung Mutiara, Kecamatan Lubuk Basung memasuki kota, Sport Center, depan Kantor Bupati dan jalan Sukarno Hatta dan berlanjut menuju kelok 44 yang merupakan tanjakan yang sangat menarik bagi wisatawan.

Sedangkan untuk stage III dengan jarak tempuh 212 km, start akan dimulai di Payakumbuh dan akan melewati Kabupaten Agam di Kecamatan Baso. Junaidi menambahkan, saat ini Kabupaten agam sudah mulai melakukan pembenahan untuk menyambut perhelatan TdS 2013. Salah satunya membersihkan jalur yang akan dilalui para pebalap yang berasal dari mancanegara.
 

"Terutama jalan-jalan provinsi sudah kita lakukan perbaikan dengan melakukan penambalan di daerah yang berlobang dan juga pengaspalan untuk jalan yang rusak parah," jelasnya. 

Sampai saat ini, pemerintah serta masyarakat Kabupaten Agam siap untuk menyambut datangnya perhelatan TdS 2013. Apalagi, pelaksanaan kali ini merupakan yang ke 5, sehingga sebagian masyarakat sudah menunggu-nunggu kapan datangnya perayaan TdS 2013.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang akan berpergian pada saat pelaksanaan TdS supaya mengatur jadwal berpergian agar tidak terganggu. Karena, beberapa saat sebelum peserta lewat, jalan yang akan dilewati akan disterilkan. Siapapun tidak boleh lewat kecuali petugas. (wan)

 

Berita Terkait